My Blog

My WordPress Blog

Sempatkah kalian mengikuti prinsip

Sempatkah kalian mengikuti prinsip prinsip geografi? Mengapa dalam berlatih geografi berarti buat menguasai prinsip- prinsip geografi?

Tanggapannya simpel. Prinsip- prinsip geografi ialah sesuatu referensi yang dipakai buat menganalisa fenomena- fenomena geografis di sesuatu area. Terdapat 4 prinsip geografi.

Apa saja macam- macam prinsip geografi? Gimana ilustrasi menganalisa prinsip- prinsip geografi dalam kehidupan tiap hari? Baca lalu postingan ini.

Uraian mengenai prinsip serta pendekatan geografi amat berarti dalam berlatih geografi. Geografi ialah ilmu yang menekuni pertemuan serta perbandingan kejadian geosfer di sesuatu area.

Prinsip geografi digunakan buat menekuni kejadian yang terjalin di dataran Alam. Geografi ialah ilmu wawasan buat menekuni watak alam, analisa pertanda alam, serta unsurnya. Asal usul mengenai Alam sudah diketahui oleh bangsa Yunani.

Mengambil dari novel Geografi kategori X, tutur geografi berawal dari tutur geo berarti alam serta graphika berarti gambar ataupun catatan. Dalam bahasa Inggris, tutur geography diserap dari bahasa Yunani geographia. Tutur geo berarti Alam serta grapho berarti buat menulis. Bila disambung, tutur geografi berarti menulis mengenai alam.

Penafsiran geografi bagi Jalinan Pakar Geografi Indonesia( 1988) ialah ilmu yang menekuni perbandingan serta pertemuan kejadian geosfer dengan ujung penglihatan area ataupun area dalam kondisi keruangan.

Sempatkah kalian mengikuti prinsip

Prinsip geografi serta contohnya

1. Prinsip pedaran.

Prinsip pedaran menarangkan kalau kejadian geografi di Alam tidak menyeluruh. Kejadian geografi tercantum pertanda serta kenyataan geografi yang bertepatan dengan alam ataupun orang.

Ilustrasi prinsip pedaran:

a. Pedaran kemampuan air yang berlainan dari satu tempat dengan tempat lain.

b. Pedaran kotoran cair dalam tanah.

c. Pedaran pencemaran hawa.

2. Prinsip tnterelasi.

Prinsip geografi berikutnya yakni interelasi. Kasus yang terjalin di alam dengan orang silih terpaut. Interelasi ini bisa terjalin antara alam dengan alam itu sendiri ataupun alam dengan orang.

Ilustrasi prinsip interelasi:

a. Kejadian banjir yang terjalin dampak pembalakan hutan di area asal.

b. Kekeringan yang berkelanjutan selaku akibat terdapatnya La Nina.

c. Perpindahan masyarakat Dusun X dampak pencemaran hawa pabrik.

3. Prinsip cerita.

Wujud ketergantungan antara alam serta orang bisa ditafsirkan dalam wujud cerita. Tidak hanya dihidangkan dengan catatan ataupun perkata, ini bisa dilengkapi pula dengan bagan, bagan, lukisan, serta denah. Uraian ataupun cerita bermanfaat buat membagikan cerminan lebih jauh mengenai pertanda serta permasalahan yang lagi dipelajari.

Ilustrasi prinsip cerita:

a. Dini kedatangan ilmu geografi yang dideskripsikan dalam memo ekspedisi.

b. Diagram denah lempeng vulkanik di bumi.

c. Denah pemakaian tanah buat menganalisa area serta kesesuaian posisi.

4. Prinsip korologi.

Prinsip korologi melingkupi observasi pertanda, kenyataan, atau permasalahan geografi di sesuatu tempat. Prinsip ini meninjau kejadian geografi dari bidang pesebarannya, interelasinya, interaksinya, serta integrasinya dalam ruang khusus. Singkatnya, prinsip korologi mencampurkan ketiga prinsip lain. Situasi area hendak membagikan karakteristik khas pada kesatuan pertanda, guna, serta wujud.

Ilustrasi prinsip korologi.

a. Bila mau mengenali mengenai temperatur hawa, periset butuh mengenali mengenai perbandingan temperatur hawa pada pedesaan serta kota, pemicu tampaknya hawa adem di perdesaaan, dan akibat banyaknya tumbuhan di dusun kepada temperatur hawa di area perdesaan.

b. Periset mau mengenali kejadian dentuman gunung berkobar di Indonesia. Karenanya, periset butuh mengenali mengenai jumlah gunung berkobar aktif di Indonesia, pemicu dentuman gunung berkobar, dan akibatnya.

c. Terakhir, bila mau mengenali mengenai ditaksir angin, periset bisa memandang perbandingan serta arah angin di bermacam area serta pemicu dan dampak dari angun itu.

Nah, itu mulanya modul mengenai prinsip- prinsip geografi mencakup penafsiran, tipe- tipe, sampai ilustrasinya. Mudah- mudahan berguna yah
Viral di indonesia banjir di jakarta => Suara4d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

My Blog © 2024 Frontier Theme